Sunblock Digunakan Tidak Hanya Sekali Pemakaian Saja | Tren.co.id

Sunblock Digunakan Tidak Hanya Sekali Pemakaian Saja | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Sunblock atau krim tabir surya diyakini dapat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari atau sinar ultraviolet yang akan membuat berbagai masalah pada kulit, seperti kanker. Akan tetapi, penggunaan tabir surya itu masih belum dipahami oleh sebagian orang.

Di setiap kemasan tabir surya dilengkapi dengan jumlah kadar. Biasanya orang-orang akan memilih sunblock yang memiliki kadar SPF (Sun Protection Factor) tinggi yang mana menjadi indicator dari berapa lama sunblock itu akan terlindungi dari sengatan sinar matahari.

Dokter Ariana Suryadewi Soejanto M.Biomed dari Universitas Gajah Mada menjelaskan Kini produk sunblock telah memiliki SPF tinggi yakni dari 15 – 50. Nah, arti dari angka tersebut menunjukkan jika anda memakai sunblock SPF 50, artinya 50 kali lipat melindungi kulit dari sinar matahari.

Penggunaan tabir surya yang ber-SPF tinggi bukan mengartikan lebih bagus. Pasalnya, kandungan tabir surya perlu diperhatikan dengan kebutuhan si pemakai. Melihatnya pada yang tertera di kemasan produk sangatlah penting. Hal itu akan membantu seseorang agar terhindari dari keadaan iritasi kulit.

Dokter Ariana kembali menambahkan, dalam penggunaannya pun perlu di lakukan berkali-kali. Jadi, sunblock yang memiliki SPF tinggi bukan berarti melindungi kulit sepanjang hari. Untuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan, perlu memakainya berulang-ulang.

Ia pun menyarankan untuk pengaplikasian sunblock itu setiap dua jam sekali pada bagian-bagian tubuh yang ingin dilindungi, seperti wajah, tangan, dan kaki.