Tahun Ini, Anak Diwajibkan Untuk Memiliki KTP

Tahun Ini, Anak Diwajibkan Untuk Memiliki KTP

Tahun Ini, Anak Diwajibkan Untuk Memiliki KTP

Tren.Co.Id – Sepertinya Mendagri Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa untuk tahun 2016 ini bahwa anak yang berusia dibawah 17 tahun dan belum menikah diwajibkan untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk yang berbentuk Kartu Identitas Anak (KIA).

 KIA disebutkan sebagai kartu identitas anak sebagai bukti otentik bahwa anak tersebut belum dewasa dan belum menikah. Beliau juga mengatakan bahwa KIA wajib dimiliki oleh anak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016.

Kartu tersebut akan diedarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten atau Kota di seluruh Indonesia. Tujuan dari pasal 2 tersebut adalah untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Disebutkan juga bahwa KIA memiliki dua jenis peruntukan umur, yaitu untu anak yang berusia 0-5 tahun dan 5-17 tahun dan syarat penerbitan akan bersamaan dengan akte kelahiran. Bagi anak yang belum genap berusai 5 tahun tetapi belum mempunyai KIA, maka persyaratan yang dipenuhi adalah salinan akte kelahiran dan menunjukan kutipan akte kelahiran asli.

Lainya seperti kartu keluarga orangtua atau wali dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dari kedua orangtua atau wali. Sedangkan anak yang telah berusia 5-17 tahun kurang satu, tetapi belum memiliki KIA syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah salinan kutipan akte kelahiran dan menunjukkan kutipan akte kelahiran asli selain daripada itu Kartu Keluarga asli orangtua atau wali dan Kartu Tanda Penduduk Asli kedua orangtua atau wali.

Dan tambahan lainnya meliputi pas foto ukuran 2×3 sebanyak dua lembar, peraturan ini berlaku dari mulai tangga 19 Januari 2016.