Takut Serangan Susulan, Perancis Lakukan Razia Besar-Besaran | Tren.co.id

Takut Serangan Susulan, Perancis Lakukan Razia Besar-Besaran | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Polisi Perancis menangkap setidaknya 23 orang yang dianggap anggota ISIS, mereka menyita senjata serta obat dalam operasi penggeledahan tersangka militan Islam yang diadakan semalam di seluruh bagian negaranya setelah terjadi serangan pada Jumat (13/11/2015) kemarin.

Menteri Dalam Negeri, Bernard Cazeneuve mengatakan 168 rumah di kota-kota utama di Perancis dan di tempat lain telah digeledah, dan 104 orang telah ditahan dalam 48 jam terakhir.

Polisi menyita 31 senjata api dan juga hard disk komputer serta telepon, dan juga menemukan obat-obatan ilegal dari 18 lokasi serangan, kata Cazeneuve kepada wartawan, Selasa (17/11/2015).

Seorang tersangka militan Islam yang dicurigai mengelola narkoba dan senjata api telah ditemukan dengan penemuan senapan Kalashnikov, pistol otomatis dan jaket anti peluru.

Saat dilakukan penggeledahan di rumah orangtua tersangka, polisi menemukan seragam militer dan peluncur roket, selain itu ditemukan juga banyak jaket anti peluru dan pistol otomatis.

“Kita tahu bahwa akan ada serangan susulan yang direncanakan, tidak hanya melawan Prancis tetapi juga terhadap negara-negara Eropa yang lain,” kata Perdana Menteri Manuel Valls di radio RTL.

Cazeneuve mengatakan polisi sedang bekerja ekstra dalam penyelidikan mereka terkait serangan dan pemboman bunuh diri di Paris yang menyebabkan 129 orang tewas.

“Kami menggunakan kerangka hukum darurat untuk menanyai orang-orang yang menjadi bagian dari gerakan jihad radikal itu,” kata Valls.