Iklan Sisipan Telkom Tuai Keluhan

0
BAGIKAN

Tren.co.id – Terkuaknya praktik ‘Interusive ads’ alias iklan sisipan yang dikerjakan oleh Telkom heboh lagi. Hal ini terkuak dari posting-an pemilik Medium.com, Raymond Reddington. Di kasus ini, Raymond mendapatkan bawahan Telkom diam-diam menyisipkan javascripts yang mumbuat website dapat menunjukkan iklan pada bagian atas halaman. Hal ini dilakukan tanpa sepengetahu pemilik website.

Usai kasus ini beredar ke permukaan, protes kembali bermunculan dari sejumlah pihak. Salah satunya berasal dari Daniel Tumiwa sebagai Ketua Indonesia E- commerc Association (Idea).

BACA JUGA  Ujicoba Google Loon, Sambangi Indonesia Bagian Timur

‘’ Hal ini memalukan dan bakal membuat konsumen e-commerce terganggu. Tak boleh terdapat iklan yang mengubah proses belanja, bisa-bisa batal belanja lantaran melihat iklan, ‘’ keluh Daniel, Jakarta.

Daniel mengingatkan juga bahwa semestinya situs e-commerce tak boleh terdapat tayangan iklan.

‘’ Situs e-commerce bukannya tak boleh ada tayangan iklan, misalnya kalau rumah kita terpasang spanduk iklanpada halaman depan tampak kea rah ruang tamu gimana, ‘’ katanya.

BACA JUGA  Inilah Trik Mengatasi Jebakan Scam di Facebook

Tak hanya Daniel saja, keluhan juga diungkapkan oleh Pratama Persadha, Pendiri Communication and Information System Security Research (CISSReC) yang mengatakan bahwa iklan sisipan itu bisa mengganggu kenyamanan dari pengguna.

‘’ Iklan sisipan tersebut lumayan mengganggu user. Mereka telah bayar untuk pelayanan paket data, tetapi kok iklan yang muncul masih bertubi-tubi saja, ‘’ pungkasnya .

BACA JUGA  Juan Manuel Fangio Jadi Google Doodle Hari Ini

Sementara itu, Telkom sendiri masih belum memberikan penjelasan secara resmi. Sejumlah pesan singkat ataupun telepon yang dikirim pada Vice President Communication PT Telkom, Arif Prabowo sampai detik ini masih belum memperoleh tanggapan.