Teknologi Nirkabel Kecepatan 100 Gpps Karya Peneliti Jepang

0
BAGIKAN
Teknologi Nirkabel Kecepatan 100 Gpps Karya Peneliti Jepang
Teknologi Nirkabel Kecepatan 100 Gpps Karya Peneliti Jepang

Tren.co.id – Baru-baru ini berhembus berita baru dalam bidang teknologi seperti diciptakannya wirelass transmitter (pemancar nirkabel) data berkecepatan sampai 100 Gpps yang diciptakan peneliti jepang. Frekuensi pemancar ini berada di 275 -305 ghz. Menurut informasi dari Telecom Asia team peneliti teknologi baru ini terdiri atas Panasonic, Hiroshima University, Nation Institute Of Information and Communications Technology.

Pemancar nirkabel berkecepatan 100 gpps ini merupakan hasil pengembangan transmitter dengan kapasitas Tera Heartz dengan kemampuan sinyal transmisi yang dikirim lebih dari 10 gpps per data channel.

BACA JUGA  Fantastik! Bongkahan Batu yang Dibakar Pancarkan Wi-fi

Sirkuit mengintergrasi komponen silicon CMOS yang ada di pemancar nirkabel ini. Teknologi baru ini dapat memperluas jalan komunikasi nirkabel berkecepatan data lebih tinggi dari sepuluh kali dari pengizinan saat ini.

Penggunaan komunikasi nirkabel ini dengan Band Tera Heartz sebagai sumber kekuatan frekuensi dengan gelombang sub-milimeter. Kecepatan luar biasa cepat ketika berkomunikasi dengan idealnya frekuensi berdasarkan penjelasan peneliti.

BACA JUGA  Wikipedia akan Munculkan Situs bagi Tuna Netra

Peneliti telah melakukan uji coba bersama tekonologi modulasi contohnya pencapaian frekuensi 300 Ghz oleh QAM. Kekuatan teknologi wirelass Tera Hertz didukung oleh jangkauan bandwith yang sangat luas serta berkemampuan QAM sehingga memperoleh kecepatan 100 Gpps pada frekuensi 300 Ghz.

Sekarang kita akan sering membicarakan tentang mbps atau gbps, namun nanti pembicaraan akan beralih pada tbps (terabyte) perseconds, kecepatan fiber optic aka n dibawa ke udara. Langkah penting pun di ambil agar tercapainya tujuan menurut paparan Fujishima.

BACA JUGA  Ujicoba Google Loon, Sambangi Indonesia Bagian Timur

Sebagian besar ilmuwan merencanakan pengembangan sirkuit pada frekuensi 300 Ghz bahkan sirkuit demodulation dan modulasi juga dan terus berlangsung penelitian