Terapkan System Ganjil Genap, Polisi Tindak Pengguna Pelat Nomor Palsu | Tren.co.id

Terapkan System Ganjil Genap, Polisi Tindak Pengguna Pelat Nomor Palsu | Tren.co.id

Tren.co.id – Polda Metro Jaya bakal menindak secara tegas bagi para pengendara yang memakai pelat nomor palsu di penerapan peraturan ganjil genap yang bakal dilakukan uji coba mulai 20 Juli yang akan datang. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Po Awi Setiyono mengungkapkan peraturan ganjil genap merupakan masa transisi sebelum dilaksanakan peraturan ERP (ElectronicRoad Pricing).

‘’ Makanya peraturan ganjil genap yang serupa bakal diterapkan di lokasi yang sebelumnya 3 in 1, ‘’ ungkap Awi.

Awi mengatakan secara tegas bila didapat adanya penggunaan pelat nomor palsu bagi pemilik kendaraan maka bakal ditindak secara tegas.

‘’ Ya jelas, kita lakukan tindakan lebih lanjut bila palsu seperti ditilang. Bahkan kalau mungkin kita sanksi tindak pidana terhadap pasal penipuan,’’ katanya.

Sementara itu, bagi Awi dalam pengawasan pastinya Polda bakal mengerahkan banyak anggota di jalan protocol,

‘’ Pengawasan untuk ke depannya dilakukan oleh para anggota, ‘’ jelasnya.

AKBP Latif Usman selaku Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya menganggap perbatasan kendaraan menggunakan system ganjil genap dapat efektif mengatasi kemacetan.

‘’ Kita beranggapan pembatas kendaraan di Jakarta ini begitu penting, ‘’ katanya.

Dia mengungkapkan meningkatnya kendaraan di Ibu Kota begitu tinggi dan selalu meningkat setiap tahunnya. Maka dari itu harus terdapat kebijakan yang melakuan pembatasan terhadap kendaraan. Baginya system ganjil genap bisa adi solusi guna menangani kemacetan di Jakarta.

Dengan diberlakukannya system ganjil genap ini dianggap bisa menurunkan beban volume kendaraan daerah Jakarta paling tidak sampai 50 persen.