Ternyata Kanker Juga Menyerang Lidah, Ini Penyebabnya

Ternyata Kanker Juga Menyerang Lidah, Ini Penyebabnya

Tren.Co.Id – Pernahkah anda mendengar penyakit kanker lidah? Memang penyakit satu ini masih tergolong langka dan jarang ditemukan di sekitar kita. Kanker lidah adalah salah satu jenis kanker yang cukup membahayakan. Penyakit ini ditandai dengan adanya sariawan di lidah, oleh sebab itu orang awam banyak yang tidak sadar bahwa dirinya terserang penyakit kanker lidah.

baca juga : 8 Masalah Kesehatan Akibat Anda Sering Marah

Penyakit yang tergolong langka ini juga belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Salah satu artis cantik Cecillia Putty Vickend yang menderita penyakit ini tidak dapat ditolong oleh medis karena kanker telah menyebar dan berkembang ke seluruh tubuhnya. Penyebarluasan atas informasi mengenai kanker lidah memang terbatas, sehingga membuat masyarakat beranggapan masalah yang terjadi di area lidah hanya sebatas sariawan biasa. Sebaiknya periksakan sedini mungkin saat adanya benjolan yang mencurigakan di area lidah anda.

Apa Penyebab Dari Penyakit Kanker Lidah?

Jika ditanya apa penyebab dari penyakit ini, banyak yang berasumsi disebabkan oleh kebiasaan yang tidak baik salah satunya merokok. Inilah yang menyebabkan penyakit ini banyak ditemukan pada laki-laki daripada wanita. Selain faktor kebiasaan buruk, kanker lidah dapat disebabkan adanya luka pada lidah sehingga bakteri atau virus kanker menginfeksi tubuh. Jangan sepelekan luka pada lidah anda karena lidah adalah salah satu bagian yang cukup sensitif dan harus dijaga kebersihan dan kesehatannya.

Riwayat keturunan juga ikut andil sebagai penyebab berikutnya kanker lidah. Selain keturunan, anda juga harus berhati-hati terhadap paparan sinar matahari atau zat radioaktif yang sering mengenai bagian lidah dan sekitarnya. Sel kanker sangat mudah tumbuh dan berkembang di jaringan lunak seperti lidah, apalagi lidah mengandung banyak pembuluh darah yang dapat menutrisi sel kanker.

Tanda yang paling nampak dari penyakit ini adalah timbulnya sariawan pada lidah kemudian diikuti dengan nyeri pada bagian rahang, leher sampai telinga. Apabila tanda ini terjadi, segera periksakan ke dokter demi mendapatkan penanganan medis yang tepat. Salah mengambil tindakan kemungkinan buruk dapat mengintai anda.

Apa Beda Kanker Mulut dan Kanker Lidah?

Banyak persepsi di masyarakat yang mengatakan bahwa kanker lidah dan mulut adalah penyakit yang sama, namun nyatanya ini keliru. Kanker mulut masuk ke kategori yang paling membahayakan dari kanker lidah karena kanker mulut juga menyerang bagian lidah. Namun, kanker lidah tidak menginfeksi bagian lainnya dan hanya menginfeksi bagian lidah saja.

baca juga : Mengatasi Kanker Dengan Puasa : Penelitian Pada Tikus

Mengingat kanker lidah dikaitkan dengan kanker mulut sehingga banyak orang yang tidak begitu mengetahui apa kanker lidah dan mengganggap sariawan pada lidah (tandanya) adalah hal yang biasa. Periksalah sedini mungkin saat adanya benjolan dan sariawan yang tidak beres pada bagian lidah anda, sebab apabila kanker lidah sudah masuk ke stadium lanjut maka bukan tidak mungkin langkah operasi adalah langkah terbaik.