Ternyata Kebiasaan Minum Kopi Bisa Lindungi Hati | Tren.co.id

Ternyata Kebiasaan Minum Kopi Bisa Lindungi Hati | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Tidak ada halangan bagi orang yang sangat suka kopi akan tetapi untuk mencoba menghindari kebiasaan meminum kopi. Selama Anda masih mengonsumsinya dalam batas yang cukup wajar, kopi bisa membuat suatu manfaat bagi tubuh, diantaranya seperti melindungi hati Anda, kata penelitian yang telah diperoleh dari University of Southampton di Inggris.

Setelah berhasil dalam menganalisis data pada sekitar 432.000 orang dari 5 studi yang terpisah, para peneliti bisa menyimpulkan jika orang yang meminum 1 cangkir kopi sehari, membuat 22 persen lebih rendah resiko dalam mengembangkan sirosis, yakni kondisi parut pada hati yang bisa menyebabkan terjadinya gagal fungsi.

Sementara itu, orang yang mengonsumsi minimal 2 cangkir kopi dalam sehari, mereka 43 persen lebih rendah resikonya untuk mendaparkan penyakit sirosis. Sementara itu, mereka yang meminum 4 cangkir kopi dalam sehari memiliki resiko 65 persen lebih rendah mendapatkan penyakit sirosis.

Seperti yang telah berhasil dilansir dari Menshealth, studi ini tak memisahkan antara kopi tanpa kafein dan kopi biasa. Akan tetapi, peneliti melihat jika ada kemungkinan efek positif dan protektif tersebut tidak bisa dipengaruhi, ungkap penulis studi Oliver Kennedy, MD.

Jadi, apabila Anda ingin menjaga hati maupun liver Anda tetap sehat, coba untuk pertimbangkan menambahkan 2 cangkir kopi Anda dalam sehari. Tidak hanya hal tersebut, dalam menjaga berat badan untuk tetap sehat dan membatasi konsumsi alkohol juga tidak kalah penting, pungkas Oliver Kennedy, MD.