The Physician (Der Medicus): "Perjalanan Dokter eropa kuno berguru pada Ibnu Sina"

The Physician (Der Medicus): "Perjalanan Dokter eropa kuno berguru pada Ibnu Sina"

RESENSI FILM THE PHYSICIAN
The Physician, berkisah tentang perjalanan seorang Inggris, Robert Cole (selanjutnya disebut Rob) dalam mencari ilmu kedokteran. Film yang di adaptasi dari novel karya Noah Gordon ini menjadi menarik, karena mengambil setting sejarah abad 11 ketika ilmu kedokteran di dunia Barat amat jauh tertinggal dibandingkan di dunia Timur dan khususnya menampilkan sosok fenomenal dalam sejarah ilmu kedokteran Ibnu Sina!

Novel ini tidak digemari di Amerika, tapi selalu sold out di Eropa terutama di Jerman dan Spanyol. Karena kepopuleran novel ini di Eropa maka dibuat sebuah film yang basis produksinya di Jerman. Judulnya aslinya dalam bahasa jerman Der Medicus *).

Alkisah… Para pengobat abad-11 di Inggris ketika itu masih disebut “tukang cukur” (Barber) yang hanya menangani kelainan yang ada dipermukaan seperti mengobati kutil, mencabut gigi, reposisi tulang, amputasi, bekam dengan lintah atau menganggap kencing kuda sebagai tonikum pada penderita. Eropa masih tenggelam dalam zaman kegelapan, kehebatan ilmu kedokteran peninggalan Romawi tak pernah sampai dibenua itu.

Adalah Robert Cole (Rob kecil) memiliki pengalaman tragis tak terlupakan didunia medis, ketika ibunya menderita penyakit misterius pada perut dan tidak memperoleh pertolongan yang layak. Keberadaan Rob sebagai anak yatim piatu membuat, ia bermohon kepada seorang Barber tua (tukang cukur) untuk ikut berkeliling bersama pedatinya berkelana dari kota ke kota membantunya menjajakan obat. Rob pun diasuh Barber dan menjadi asistennya,serta kemudian melakukan segala tindakan pengobatan didalam kamar pedati. Sejak dini Rob menunjukkan minatnya yang tinggi terhadap dunia pengobatan bahkan, ia dianugerahi sense kepekaan untuk menilai kondisi terminal seseorang yang tak bisa diobati lagi dengan meraba dada pasien.

Suatu ketika setelah melihat patung batu ia bertanya pada Barber tua, “apa sebenarnya yang ada didalam dada dan perut manusia”? Suatu pertanyaan yang amat tabu dimasa itu. Tindakan autopsi (bedah mayat) buat pembelajaran bahkan dapat dikategorikan masuk ilmu sihir yang pelakunya dapat diancam hukuman mati dibakar ditiang kayu.

Hingga suatu ketika Rob memprediksi kematian seorang pasien yang giginya dicabut sang Barber,mereka akhirnya diusir penduduk dan dibakar pedati dan seluruh isinya karena masyarakat mengkaitkan kematian pasien tersebut disebabkan pencabutan giginya.