Tips Berbelanja Persiapan Jelang Lebaran Bagi Ibu Ibu | Tren.co.id

Tips Berbelanja Persiapan Jelang Lebaran Bagi Ibu Ibu | Tren.co.id

Tren.co.id – Lebaran sudah dekat, merupakan waktu berbelanja bagi ibu-ibu untuk mempersiapkan segala kebutuhan, khususnya berbagai makanan dan kue-kue.

Seperti dilakukan oleh Ladies Community Surabaya yang melakukan persiapan Lebaran dengan belanja bersama.

Eviyanti, Ketua Ladies Community Surabaya, menjelaskan bahwa sesama anggota komunitas yang kebanyakan merupakan ibu-ibu muda ini memilih untuk berbelanja keperluan dan kue-kue untuk Lebaran bersama-sama.

Hal itu dipilih karena sesama ibu-ibu biasanya sangat pertimbangan dan membutuhkan waktu lama untuk berbelanja. Sehingga lebih nyaman dilakukan dengan sesama dan tidak mengajak suami atau anak.

“Kalau berbelanja bersama seperti ini biasanya kami saling memberikan masukan tentang jenis barang yang kami beli, khususnya soal makanan dan kue-kue Lebaran,” kata Eviyanti di sela-sela meramaikan acara belanja di Hypermart Royal Plaza, Kamis (23/6).

Untuk keperluan Lebaran, khususnya kue-kue, Evi, sapaan akrabnya, memang memilih untuk tidak membuat sendiri kuenya, melainkan sebagian membelinya untuk menyesuaikan dengan permintaan anak atau keluarganya. Meski demikina, dia mengaku sangat memilih makanan atau kue yang dia beli.

Namun dalam membeli barang, Evi memaparkan beberapa pertimbangan atau tips dalam berbelanja seperti melihat label untuk melihat kandungan atau komposisi, kehalalan, dan tanggal kedaluarsa.

Termasuk memeriksa izin atau sertifikasi untuk memastikan bahwa makanan tersebut memang aman untuk dikonsumsi.

“Yang detail saya lihat biasanya adalah kandungan nutrisinya, banyaknya kalori, dan nutrisi lain seperti vitamin, mineral, protein untuk memastikan makanan tersebut bermanfaat bagi tubuh,” imbuhnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan mudah tergiur oleh penawaran atau diskon.

Sebaiknya membeli barang-barang atau makanan yang benar-benar dibutuhkan dan yakin dengan keamanan produk tersebut. Karena jika mudah tergiur dengan penawaran atau diskon akan banyak barang yang sebenarnya tidak perlu dan akan menjadi lebih boros.