Tips Cara Menurunkan Demam pada Anak Secara Alami

Tips Cara Menurunkan Demam pada Anak Secara Alami

Demam merupakan kondisi dimana suhu badan naik hingga melebih angka normal 37oC sebagai akibat adanya penyakit atau peradangan. Demam menandakan sedang terjadinya perlawanan dari antibodi manusia  (sel darah putih) terhadap serang virus atau bakteri penyakit. Jadi demam bukan merupakan penyakit, melainkan bisa jadi menjadi gejala awal munculnya suatu penyakit. Untuk anak-anak, kondisi demam harus diredakan lebih dulu untuk mencegah step. Cara menurunkan demam pada anak bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami maupun obat medis.

Kondisi demam yang biasa terjadi merupakan kondisi sedang lemahnya pertahanan tubuh. Biasanya karena faktor keletihan, dehidrasi dan kurangnya mineral tubuh menyebabkan suhu badan meningkat dan terjadilah demam. Akan tetapi, bila kondisi ini sudah lebih tiga hari, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab bisa jadi demam yang terjadi hanya sebagai bentuk respon tubuh akan adanya penyakit tertentu.

Pada anak-anak, penanganan demam ini tidak bisa dianggap sepele. Ada banyak orang tua yang menganggap remeh terjadinya demam pada anak, sehingga akhirnya terjadi keterlambatan diagnosis yang menyebabkan bahaya pada anak. Seperti misalnya demam pada DBD, seringkali orang tua menganggap hal itu sebagai demam biasa sehingga tidak dibawa berobat ke dokter, ada banyak anak yang akhirnya meninggal dengan kasus DBD karena terlambat penanganan.

Cara Menurunkan Demam pada Anak Secara Alami

Bagi orang tua, memiliki anak yang demam panas tentu menimbulkan kekhawatiran yang tinggi, terlebih jika usia anak kurang dari 2 tahun. Demam pada anak di usia ini terasa sangat sulit dihadapi karena anak umumnya masih sulit bicara dan mengatakan apa yang dirasakannya. Maka yang harus dilakukan orang tua selama tiga hari masa demam tersebut diantaranya adalah:

Kompres dengan air hangat

Hal pertama yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk pertolongan pertama pada kondisi ini adalah kompres dengan air hangat untuk mengurangi suhu yang terlalu tinggi. Pada anak, suhu demam harus terus dikontrol jangan sampai terlalu tinggi. Demam yang terlalu tinggi pada anak dikhawatirkan akan memicu terjadinya kejang dan step yang dapat merusak saraf.

Kontrol suhu dengan termometer

Sediakan selalu alat penurun suhu di rumah, gunanya untuk memantau suhu tubuh si kecil saat sedang panas. Segera kompres jika terlihat suhu mulai tinggi.

Gunakan pakaian transparan atau tipis

Kebiasaan orang tua saat anaknya demam adalah memberikan selimut tebal dan baju yang tertutup. Padahal yang dianjurkan secara medis adalah memakaikan pakaian yang tipis atau sedikit terbuka untuk mengeluarkan panas dalam tubuh.

Beri ASI bila masih di bawah 2 tahun

Perbanyak asupan ASI untuk anak di bawah 2 tahun pada saat terjadinya demam. Ini akan membantu menurunkan suhu tubuh anak yang sedang demam. Selagi anak masih mau minum, perbanyak konsumsi ASI.

Perbanyak konsumsi air putih

Untuk anak yang sudah tidak  ASI, maka usahakan agar mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak. Asupan air putih yang banyak akan membantu menurunkan kondisi tubuh yang dehidrasi sebagai salah satu sebab terjadinya demam.

Makan sup hangat

Selama demam, usahakan anak mengkonsumsi makanan yang hangat seperti sup. Jangan biarkan anak tidak makan sama sekali, usahakan anak banyak makan, beri apa saja yang biasanya ia suka karena anak pada saat demam cenderung akan sulit makan. Tenaga yang cukup akan membantu daya tahan tubuh anak bisa lebih baik.

Berikan obat penurun panas

Anda bisa membelikan obar penurun panas pada anak seperti parasetamol secara berkala saat kondisi suhu anak meninggi. Jangan tidur saat malam hari, kontrol suhu tubuh anak, berikan obat penurun panas sesuai usia dan aturan pakai yang berlaku.

Bahan Alami Penurun Demam pada Anak

Untuk membantu menurunkan panas tubuh anak di tiga hari pertama demam terjadi, Anda bisa menggunakan bantuan bahan-bahan alami penurun demam anak yang ada di sekitar rumah, diantaranya adalah:

  1. Bawang merah, bahan ini kaya dengan minyak atsiri yang bisa membantu menurunkan suhu tubuh anak. Ambil bawang merah lalu iris-iris seperti biasa, campurkan dengan minyak kelapa lalu usapkan ke bagian tubuh anak yang panas seperti kening, perut, ketiak dan lainnya.
  2. Minyak zaitun, minyak ini juga disebut-sebut sebagai bahan alami penurun panas pada anak yang bisa Anda coba. Minyak zaitun bisa disapukan ke tubuh anak yang sedang panas, atau dengan mencampurnya dengan irisan bawang merah.
  3. Jus buah, pada saat demam, usahakan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C. Anda bisa memberikan anak minuman jus buah jeruk, jus buah jambu, atau yang lainnya yang akan membantu kekebalan tubuh terhadap serangan virus dan bakteri.
  4. Air kelapa muda, minuman segar kelapa muda tanpa es dan gula merupakan obat alami penurun panas yang bisa digunakan untuk semua usia. Baik orang tua maupun anak-anak. Air kelapa kaya dengan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga usai mengkonsumsi air kelapa biasanya tubuh akan langsung berkeringat dan terasa lebih ringan.
  5. Madu asli atau madu anak, ini juga bahan alami yang bisa Anda berikan untuk menurunkan suhu tubuh demam pada anak. Untuk madu asli bisa Anda campurkan dengan air dingin dan diminumkan pada anak. Sementara madu anak biasanya sudah diformulasikan khusus dengan campuran bahan lainnya yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak. Biasanya tinggal minum saja dalam sendok.
  6. Jahe, bahan alami ini juga bisa digunakan untuk menurunkan panas. Namun sebaiknya digunakan untuk anak di atas 3 tahun. Buatlah minuman jahe hangat dan manis untuk menarik rasa di lidah anak. Badan akan terasa hangat dan berkeringat.

Apabila selama tiga hari penanganan di rumah menggunakan bahan-bahan alami atau obat penurun panas tak kunjung menurunkan demam, sebaiknya segera berobat ke dokter. Terutama bagi anak-anak yang daya tahan tubuhnya masih lemah, mempercepat pengobatan ke rumah sakit merupakan bentuk proteksi yang lebih baik. Demam terkadang merupakan gejala awal dari terjadinya penyakit tertentu.

Bagi anak-anak yang tidak mengkonsumsi ASI, biasanya demam sedikit lebih lama disembuhkan karena faktor kekebalan tubuh yang kurang. Dan akan lebih baik jika pada hari ketiga segera dibawa berobat ke dokter. Jenis demam yang terlalu tinggi, atau pada siang turun lalu malam hari kembali tinggi perlu diwaspadai sebagai gejala penyakit tertentu. Demam berdarah misalnya, suhu pada tubuh anak bisa mencapai 60oC.

Cara menurunkan demam pada anak hanyalah cara penanganan awal saja, bila demam tak kunjung turun maka segeralah memeriksakan anak ke dokter. Perhatikan juga bagaimana aktivitas anak sebelum demam. Jika terjatuh kemungkinan juga terkilir dan perlu diurut untuk menurunkan demamnya.