Tips dan Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan dengan Mudah

Tips dan Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan dengan Mudah

Cara menghilangkan kapalan di tangan memang gampang-gampang susah. Anda mungkin sudah menggunakan berbagai cara tetapi susah untuk menghilangkannya, maka cobalah melakukan tips-tips yang akan dikupas berikut ini. Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah kapalan, tetapi bagi Anda yang belum tahu perlu dibahas dulu tentang apa yang dimaksud dengan kapalan.

Kapalan atau dalam istilah medis disebut sebagai callus, adalah penebalan dan pengerasan pada lapisan kulit yang terjadi karena respon pertahanan yang dilakukan oleh kulit terhadap tekanan atau gesekan yang terjadi secara terus-menerus pada kulit. Sehingga kapalan sering terjadi pada bagian tubuh yang sering kontak dengan benda-benda luar, seperti pada telapak tangan, jari-jari tangan, telapak kaki, jari-jari kaki, atau pergelangan kaki.

Dengan terbentuknya kapalan, sebenarnya dapat melindungi lapisan kulit di dalamnya agar terhindar dari luka atau lecet ketika bergesekan atau bersentuhan dengan benda-benda yang lebih keras. Sebagai contoh jika Anda sedang belajar main gitar, maka pada pada jari-jari yang bersentuhan dengan gitar lama-kelamaan akan menebal dan mengeras karena untuk beradaptasi dengan tekanan pada senar gitar.

Atau jika Anda membawa benda berat yang bertumpu pada telapak tangan, pada awalnya akan terasa sakit pada telapak tangan atau jari-jari tangan, namun jika sudah terbentuk kapalan maka telapak tangan akan menjadi terbiasa. Pada kasus di atas, kapalan mempunyai manfaat bagi manusia. Namun pada beberapa kasus, kapalan dapat menimbulkan rasa yang sangat nyeri dan tidak nyaman pada kulit sehingga perlu dihilangkan.

Beberapa Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan

Kapalan yang menyebabkan rasa nyaman atau nyeri biasanya terjadi akibat adanya iritasi atau peradangan pada kulit. Selain itu, timbulnya kapalan di kulit ternyata juga dapat mengganggu penampilan seseorang. Untuk menghilangkan kapalan di tangan dapat Anda lakukan dengan cara yang sederhana namun efektif dan aman bagi tubuh. Beberapa cara menghilangkan kapalan di tangan dengan mudah dan aman antara lain sebagai berikut:

1. Rendam dengan air hangat

Cara menghilangkan kapalan di tangan yang paling mudah yaitu dengan merendamnya di air hangat selama sekitar 20 menit. Kemudian gosok dengan batu apung bersih yang berkhasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada area yang menderita kapalan. Lakukan cara ini secara rutin terutama ketika hendak mandi.

2. Melakukan scrubbing dengan kopi

Kopi juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kapalan di tangan. Caranya yaitu ambil sisa bekas kopi, kemudian gosokkan pada kulit yang kapalan. Biarkan kopi tersebut menempel pada tangan yang kapalan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara teratur dua kali sehari untuk menghilangkan kapalan secara cepat.

3. Mengoleskan lotion pelembab

Mengoleskan lotion pelembab juga dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan kapalan di tangan. Lotion pelembab ini berfungsi untuk mencegah kulit kering dan menjaga kelembabannya sehingga kapalan berangsur-angsur akan menghilang. Oleskan lotion pelembab ini secara teratur pada pagi dan sore hari pada kulit yang menderita kapalan. Anda dapat menggunakan body lotion, olive oil, atau dapat juga menggunakan minyak zaitun.

4. Bawang putih

Bawang putih yang merupakan salah satu bumbu dapur ini dikenal mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, termasuk untuk menghilangkan kapalan. Cara menghilangkan kapalan di tangan menggunakan bawang putih yaitu dengan menghaluskan bawang putih secukupnya lalu tempelkan pada kulit yang menderita kapalan. Lakukan setiap menjelang tdur, sehingga biarkan ramuan bawang putih tersebut menempel selama semalaman, dan bersihkan pada pagi harinya.

5. Jeruk lemon

Jeruk lemon yang kaya akan vitamin C ini ternyata juga berkhasiat untuk menghilangkan kapalan di tangan. Caranya yaitu siapkan satu buah jeruk lemon kemudian peras untuk diambil airnya. Gunakan perasan jeruk lemon tersebut untuk dioleskan pada kulit yang kapalan. Lakukan ketika menjelang tidur, biarkan selama 1 malam, kemudian pada pagi harinya bilas dengan air bersih.

6. Baking soda

Cara menghilangkan kapalan di tangan yang berikutnya yaitu dengan menggunakan baking soda. Caranya cukup mudah, yaitu siapkan air hangat pada baskom atau suatu wadah kemudian campurkan 2-3 sendok baking soda, aduk hingga rata. Gunakan larutan tersebut untuk merendam kulit yang kapalan.

7. Getah daun kamboja

Getah daun kamboja merupakan resep herbal yang diwariskan oleh nenek moyang untuk menghilangkan kapalan. Cara menghilangkan kapalan di tangan menggunakan getah daun kamboja yaitu petik daun kamboja langsung dari pohonnya sehingga terdapat getah pada bagian pangkalnya. Segera tempelkan getah yang masih segar tersebut ke kulit yang mengalami kapalan. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari untuk menyembukan kapalan.

8. Pepaya

Pepaya yang digunakan untuk menghilangkan kapalan adalah pepaya mentah. Cara menghilangkan kapalan di tangan menggunakan pepaya mentah yaitu haluskan beberapa potong pepaya mentah menggunakan blender. Setelah halus, tempelkan pada area kulit yang menderita kapalan. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

9. Kentang

Kentang juga dapat digunakan untuk menghilangkan kapalan di tangan. Caranya yaitu siapkan kentang secukupnya, kupas sampai bersih. Lalu parut kentang tersebut sampai halus. Setelah halus tempelkan pada kulit yang kapalan kemudian tutup dengan kain kasa dan biarkan selama 3 – 4 jam supaya meresap. Agar meresapnya lebih lama, Anda dapat melakukannya sebelum tidur.

10. Larutan asam salisilat

Anda juga dapat menghilangkan kapalan dengan menggunakan larutan asam salisilat (callusol) yang dapat dibeli di apotek. Asam salisilat mempunyai sifat keratolotik sehingga dapat melarutkan senyawa protein (keratin) yang merupakan zat pembentuk kapalan. Cara menghilangkan kapalan di tangan menggunakan larutan asam salisilat yaitu bersihkan kulit yang kapalan dengan air besrsih, lalu tuangkan larutan asam salisilat secukupnya pada kapas atau kain kasa.

Kemudian tempelkan kapas/kasa yang telah dibasahi larutan asam salisilat tersebut pada area kulit yang menderita kapalan. Jangan terkena kulit yang normal, sebab dapat menimbulkan rasa panas atau seperti terbakar. Lalu tutup kulit kapalan yang telah ditempeli kapas tadi dengan menggunakan plester supaya meresap. Lakukan prosedur tersebut 2 kali dalam sehari untuk menghilangkan kapalan dengan cepat.

Cara yang telah dijelaskan di atas, selain untuk menghilangkan kapalan di tangan, juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kapalan di kaki. Hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan sekali-kali menggunting kapalan dengan menggunakan gunting atau pisau. Sebab hal ini dapat menimbulkan infeksi akibat alat-alat yang Anda gunakan tidak steril.

Anda juga harus memperhatikan kebersihan kulit yang menderita kapalan untuk menghindari iritasi akibat masuknya kuman. Untuk mencegah terjadinya kapalan maka hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan meminimalkan terjadinya gesekan atau tekanan pada kulit dengan benda luar, antara lain dengan menggunakan pelindung seperti kaos tangan atau kaos kaki.

Pada kasus tertentu kapalan dapat terjadi akibat suatu penyakit kronis, misalnya pada penyakit kencing manis atau diabetes mellitus. Pada penyakit diabetes mellitus, terjadi gangguan penyerapan nutrisi ke sel-sel tubuh akibat kekurangan hormon insulin atau terjadi gangguan penyerapan insulin. Sehingga kondisi ini mengakibatkan terjadinya sel-sel mati terutama di daerah telapak kaki dan menyebabkan mudahnya terbentuknya kapalan (callus). Untuk kasus seperti ini untuk menghilangkan kapalan tentunya Anda harus berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan medis lebih lanjut untuk menghindari komplikasi yang lebih parah.