Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir

Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir

SHARE

Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir

Apakah anda merupakan seorang ibu muda yang baru saja melahirkan? Bingung bagaimana sebaiknya merawat bayi anda yang baru lahir? Merawat bayi bukanlah tugas yang mudah. Apalagi bayi yang baru lahir, karena bayi yang baru lahir itu tergolong rapuh. Maka anda harus berhati – hati dalam melakukan perawatan pada bayi anda.

Bagaimana caranya? Nah, berikut Tren bagikan tips merawat bayi yang baru lahir untuk anda.

  1. Merawat tali pusat adalah perawatan pertama kali semenjak bayi lahir. Sebaiknya anda jaga kebersihan tali pusat agar tidak terjadi infeksi. Dan bersihkan dengan air matang.
  2. Pijat secara perlahan di sekitar mata bayi anda. Cara ini dilakukan untuk memperlancar saluran air mata pada mata bayi. Dan lakukan hingga minggu kedua sejak kelahirannya.
  3. Gunakan minyak bayi dengan kandungan vitamin E untuk merawat kulit bayi anda. Dan untuk mengatasi biang keringat gunakan bedak khusus bayi dengan kandungan vitamin B5.
  4. Lakukan pemijatan dengan minyak bayi pada kepala bayi anda yang mengalami kulit kepala berkerak.
  5. Jika anda ingin mempercepat proses tumbuhnya rambut sebaiknya anda gunaka sampo khusus bayi yang mengandung pro vitamin B dan E
  6. Potong kuku bayi anda secara berkala agar kuku – kuku bayi anda tidak membahayakan dirinya sendiri. Lebih baik gunakan penutup sarung tangan, agar tidak menggores bagian tubuh.
  7. Jangan gunakan popok setiap waktu. Gunakan ketika malam di saat bayi anda tidur. Cara ini sebaiknya anda lakukan untuk menghindari iritasi pada bokong si bayi.
  8. Berikan ASI setiap bayi anda menangis. Lapar adalah penyebab utama bayi menangis. Jadi, memberikan ASI merupakan cara efektif agar tangisannya berhenti.
  9. Pakaikanlah pakaian yang tidak terlalu ketat dan pakaian yang dapat menyerap keringat pada bayi anda.
  10. Jagalah kebersihan lingkungan dan mainan bayi anda. Sebab bayi yang baru lahir sangat rentang terhadap penyakit yang disebabkan bakteri.

Dan demikianlah sepuluh tips merawat bayi yang baru lahir yang dapat anda lakukan. Semoga tips tersebut bermanfaat dan terima kasih.

SHARE

Tren Update