Tips Merawat Rambut Yang Baik Dan Benar

Tips Merawat Rambut Yang Baik Dan Benar

Tren.co.id. Tips merawat rambut yang baik dan benar bagi pria dan wanita yang tidaklah sulit. Dalam artikel berikut, kami akan mencoba memberikan beberapa tips agar anda tidak lagi salah dalam melakukan perawatan pada rambut. Setiap orang memang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda, ada yang keriting, ada yang lurus, ada yang ikal, ada yang tebal, juga ada yang tipis. Selain itu, rambut juga memiliki kesehatan yang berbeda-beda. Misalnya mungkin sebagian dari anda ada yang memiliki rambut yang gampang rontok ketika di sisir, bercabang atau juga mungkin anda memiliki rambut yang tebal dan kuat.

Nah, semuanya itu memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Jangan salah loh, rambut yang salah perawatannya bisa menyebabkan anda menyesal seumur hidup, karena rambut adalah mahkota bagi pria maupun wanita. Jadi, rambut wajib untuk dijaga dan dirawat.

Kadang-kadang kita tanpa sadar melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak baik untuk rambut. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda tahu apa saja hal-hal yang tidak baik tersebut.

  • Menggosok-Gosok Rambut Dengan Handuk

Kebiasaan sehabis mandi yaitu mengelap atau menggosok-gosokkan handuk pada rambut sudah jamak kita temukan di masyarakat, terutama di Negara kita. Sebenarnya kebiasaan ini tidaklah baik, karena dapat menyebabkan rambut menjadi kusut. Selain itu, dengan menggosok-gosokkan ke rambut terlalu keras dengan menggunakan handuk dapat menyebabkan rambut menjadi rusak dan kehilangan elastisitasnya.

  • Menyisir rambut saat masih basah

Kebiasaan buruk selanjutnya adalah menyisir rambut saat masih basah. Menyisir rambut saat masih basah memang menyenangkan karena rambut mudah disisir akan tetapi dengan menyisir rambut saat masih basah dapat menyebabkan rambut sering patah karena kondisi rambut yang sedang rentan akibat terkena air. Jadi, bagaimana dong caranya agar bisa menyisir rambut dalam keadaan basah?

Pertama anda bisa mengeringkan rambutmu terlebih dahulu dengan menggunakan hair drayer atau anda juga bisa memilih sisir yang memiliki bergerigi jarang, dengan begitu rambutmu akan terhindar dari kerontokan.

  • Salah dalam memilih shampoo

Mengenali tipe rambut apa yang anda miliki merupakan satu hal yang harus anda lakukan, sebelum anda memilih jenis shampoo yang ingin anda beli. Karena setiap shampoo memiliki kandungan yang berbeda-beda.

Salah memilih shampoo, berarti anda akan menanggung resiko kerusakan pada rambut.

Setelah anda mengenali jenis rambut yang anda miliki, barulah anda bisa memilih shampoo, shampoo jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan rambut itu sendiri.

Hindari shampoo yang memiliki kandungan sodium laureth sulfate yang terlalu banyak. Karena, dapat menyebabkan rambut kering dan rusak.

  • Menggunakan Hair Dryer Bersuhu Tinggi

Sering bangun kesiangan, membuat kita sering terburu-buru untuk melakukan sesuatu. Akibatnya adalah, kita akan mandi secara tergesa-gesa, dan kemudian melakukan berbagai aktivitas dengan tergesa-gesa juga. Salah-satu yang biasa kita lakukan ketika kita terburu-buru adalah mensetting hair drayer pada suhu tinggi untuk mempercepat proses pengeringan rambut.

Hal ini sangat berbahaya karena suhu yang terlalu tinggi pada hair dryer dapat menyebabkan rambut kehilangan kelembabannya. Sehingga rambut anda akan terlihat kusam, rusak dan tidak sehat.

Kita yang hidup di iklim tropis dimana matahari bersinar dengan cerah, dan pada siang hari matahari sangat panas. Rambut yang tidak dilindungi dari sengatan sinar matahari dapat menjadi rusak. Oleh karena itu rambut juga membutuhkan perlindungan agar terhindar dari pengaruh buruk sinar ultraviolet.

Jika anda harus beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, ada baiknya anda menggunakan bahan-bahan atau produk yang bisa melindungi rambut anda dari pengaruh buruk sinar matahari. Selain itu anda juga bisa menggunakan payung atau topi untuk melindungi rambut anda.

Selain dengan melindungi rambut dari segala sesuatu yang membahayakannya, kita juga harus mengimbanginya dari dalam dengan memakan makanan yang sehat dan banyak mengandung vitamin. Dengan begitu rambutmu akan tetap sehat indah setiap hari.