Tips Saat Memilih Rekan Bisnis Yang Benar

Tips Saat Memilih Rekan Bisnis Yang Benar

01/12/15 7:32 AM

Tren.co.id. Sekarang ini banyak sekali pengusaha atau pekerja yang baru mau memulai usaha ataupun bisnisnya. Namun kebanyakan dari anda yang baru mau memulai bisnis ataupun usaha terkadang berkeinginan memiliki rekan kerja atau rekan bisnis, Kebanyakan dari pebisnis ini sulit menemukan rekan kerja yang cocok dengan dirinya.

Hal ini karena kurang selektif dalam memilih rekan kerja. Tren akan memberikan anda tips yang harus anda cermati dan beberapa hal yang harus dilakukan untuk memilih seorang partner bisnis / kerja.

Beberapa Hal yang Harus Dicermati untuk Memilih Teman Bisnis

1. Menentukan Karakter yang Diinginkan
Dalam memilih seorang teman bisnis anda harus mampu menentukan karakter teman bisnis anda. Karakter teman bisnis yang bagaimana yang anda inginkan. Untuk hal itu, diperlukan waktu anda untuk dapat mempelajari pribadi calon rekan bisnis anda. Pilihlah teman bisnis dengan emosiaonalnya yang stabil.

2. Latar Belakang
Latar belakang dari semua orang memang sangat penting, hal tersebut bisa menunjukkan siapa mereka sebenarnya. Sangat perlu mengetahui asal serta keahliannya, watak dan juga kehidupan sehari-harinya. Semuanya itu mempengaruhi perjalanan bisnis anda dengannya nanti.

3. Pandai Mengelola Keuangan
Karena bisnis sangat erat kaitannya dengan pendapatan serta pengeluaran, maka pilihlah teman bisnis yang pandai dalam mengelolah keungan nantinya.

4. Relevansi dengan Pekerjaan
Sebaiknya pilihlah teman bisnis yang memahami dunia bisnis karena pada umumnya seorang rekan bisnis harus mampu menutupi kekurangan kemampuan bisnis anda. Sehingga bisnis anda akan berjalan lancar tanpa tersendat karena adanya ketidakmampuan anda ataupun minimnya pengetahuan teman anda menganai berbisnis.

Selain beberapa hal di atas anda juga harus memilih teman bisnis yang memiliki kesamaan visi dan misi serta chemistry bagi diri anda. Ketika telah menemukan teman bisnis mulailah menetapkan masa percobaan padanya, lalu jika cocok perlu merundingkan pembagian hasil sehingga nantinya tidak akan terjadi cecok masalah pembagian hasil. Perlu dijelaskan juga aturan main anda.

Beberapa Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Kepada Rekan Bisnis

1. Menceritakan Pengalaman Buruk saat Bekerja – Menjatuhkan Rekan Kerja

Jika anda mempunyai pengalaman buruk dalam bisnis sebelumnya, anda tidak perlu menceritakan kepada calon teman bisnis anda. Apalagi itu menyangkut kejahatan anda pada teman bisnis anda sebelumnya. Hal ini akan membuat calon teman bisnis anda berpikiran bahwa anda orang yang jahat untuk dijadikan teman bisnis baginya.

– Bermasalaha dengan Pimpinan
Hal lain yang tidak perlu diceritakan ialah saat anda pernah bermasalah dengan pimpinan. Anda tidak perlu menjelaskan masa lalu anda bersama pimpinan yang mengalami masalah sehingga anda kehilangan pekerjaan anda. Hal ini dapat mempengaruhi calon teman bisnis anda bahwa anda orang yang tidak patuh kepada pimpinan, apalagi untuk dijadikan teman bisnis baginya.

– Berbicara Buruk Mengenai Rekan Bisnis
Untuk hal yang satu ini, anda benar-benar harus menahan diri anda untuk bercerita mengenai keburukan teman bisnis anda sebelumnya. Calon rekan bisnis anda yang baru bisa saja berpikiran bahwa anda adalah orang yang suka membanding-bandingkan. Dia akan berpikir, jika anda menjelek-jelekkan mantan rekan bisnis anda, bagaimana dengan dirinya nanti.

2. Jangan Berhutang
Seorang rekan bisnis akan mempertimbangkan hal ini jika ternyata anda suka berhutang kepada sesama teman bisnis. Tentunya dia akan berpikir dua kali untuk menjadikan anda rekan bisnisnya.

3. Berbohong
Jangan sekali-kali membohongi calon rekan bisnis. Ataupun menceritakan kebohongan anda meskipun untuk demi kebaikan bersama. Calon rekan kerja anda akan mempertimbangkannya. Sebuah kebohongan tidak akan terjadi sebagai bentuk penyelesaian masalah jika anda bersama rekan bisnis melakukan perundingan sebagai upaya pemecahan masalah.

Semoga artikel tips memilih rekan bisnis ini membantu.

Bagikan di Facebook BisnisKeuanganMemilih Rekan Bisnistips