Ujicoba Google Loon, Sambangi Indonesia Bagian Timur

Ujicoba Google Loon, Sambangi Indonesia Bagian Timur

Tren.co.id – Serangkaian jadwal uji coba dari Project Loon akhirnya bakal diuji pada tahun ini, tahun 2016 di Indonesia. Proyek balon milik Google ini guna memberikan akses yang pasti akan jangkauan kawasan Indonesia Timur terlebih dahulu.

Menemui Menteri Koordinator Pereknomian Maritim dan Sumber Daya, yakni Rizal Ramli, manajemen Google mengungkapkan terkait dengan adanya rencana ujicoba atau biasa disebut dengan nama trial Google Loon yang ada di tanah air.

“Jadi, Google ini sangat inovatif, dia membuat sistem Internet Balon, di mana balon itu beredar secara reguler di atas khatulistiwa, lalu ada suatu transmitter atau pemancar, dengan adanya sistem tersebut, semua orang di Indonesia, bahkan yang tengah berada di tengah-tengah laut sekalipun, di puncak gunung, bahkan hingga pulau terpencil bisa melakukan komunikasi dengan menggunakan ponsel.” ujar Rizal Ramli di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Dia mencontohkan, bayangkan saja apabila ingin membangun tower di daerah pegunungan yang ada di Papua, hal tersebut akan sangat mahal. Padahal, Indonesia memiliki ribuan pulau yang memang memerlukan akses terhadap suatu telekomunikasi.

Nantinya lanjut Rizal, Google akan meminta uji coba selama sekita 1 tahun lamanya, nanti, setelah tahun baru akan dicoba untuk didiskusikan bersama dengan operator-operator di Indonesia, dalam dimensi atau bentuk komersialnya.