Wah, Otomotif Berikan 100 Triliun Per Tahun Ke Negara | Tren.co.id

Wah, Otomotif Berikan 100 Triliun Per Tahun Ke Negara | Tren.co.id

Tren.Co.Id – Di Indonesia bisnis otomotif mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi, jumlah yang dicapai sampai ratusan triliun rupiah di setiap tahunnya dan itu hanya dari penjualan di mobil. Namun yang termanfaatkannya hanya sedikit, mengingat populasi penduduk di Indonesia ini lebih dari 250 juta manusia, itu pun dapat meningkat.

Johannes Nangoi, ketum (Ketua Umum) Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo untuk periode 2016 – 2019 menjelaskan, Gaikindo merupakan asosiasi terbesar di Indonesia jika diukur dari kontribusi pajaknya, penghasil devisa dari produk ekspor, dan jumlah penyerapan tenaga kerja.

Hasil yang diperoleh dari kinerja para anggota Gaikindo yang dari perusahaan otomotif dalam negeri ini mempunyai jumlah anggota mencapai 43 yang terdiri dari Agen Tungga Pemegang Merek atau ATPM, manufaktur, dan distributor.

Nangoi mengungkapkan di konferensi bahwa berdasarkan dari kontribusi pajaknya, jika dalam satu tahun menjual 1 juta mobil, artinya sekitar Rp 300 triliun nilai kendaraan. Nah, diperkirakan dikenakan Rp 100 triliun yang akan dibayar ke pemerintah. Tentu nilai itu sangat besar pemasukkanya.

Di Indonesia, penjualan mobil menembus 1 juta unit per tahun sejak dari tahun 2012. Dan di tahun 2014 penjualan domestic Indonesia mampu mengalahkan Thailand dan dinobatkan menjadi Negara terlaris di semua pasar se-Asia Tenggara.