Warga Eks-Kalijodo Sudah Siap Direlokasi

Warga Eks-Kalijodo Sudah Siap Direlokasi

Warga Eks-Kalijodo Sudah Siap Direlokasi

Tren.Co.Id – Penggusuran di Kawasan Kalijodo sepertinya akan dilakukan dengan serius oleh pemerintah DKI Jakarta. Sebelum dilakukan penggusuran pihak terkait, melakukan sosialisasi dengan menempel surat pemberitahuan di rumah-rumah di kawasan Kalijodo. Contohnya seperti kafe-kafe, warung-warung dan tempat PSK mangkal.

Menurut Kepala Kecamatan Tambora Djaharuddin juga mengatakan bahwa mengungkapkan bahwa warga masyarakat, hampir seluruhnya segera hengkang menuju kawasan yang baru dan sudah dipersiapkan oleh pemerintah DKI yang akan ditempatkan pada Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa).

Menurutnya bahwa warga Kalijodo sudah 100 persen mau direlokasi. Dari database yang dimiliki oleh pemerintahan, bahwa warga Kalijodo yang akan dipindahkan sebanyak 130 kepala keluarga. Jumlah sebanyak itu akan disebar ke dua rusunawa yang berbeda yaitu 86 warga ditempatkan di Rusunawa Pulogegang dan 44 warga dipindahkan ke Rusunama Marunda.

Tetapi kemungkinan perpindahan tersebut tidak langsung semuanya, karena bawaan mereka sangat banyak. Sesuai rencana bahwa penertiban total akan dilaksanakan pada tangal 29 Februari 2016.

Dalam hal pindah memindah warga Kalijodo, pemerintah juga memberikan pelatihan-pelatihan kepada warga tersebut. Tujuannya agar nantinya bisa bekerja di tempat lain, sebab kebanyakan warga Kalijodo lebih menyukai pekerjaan lamanya di wilayah Kalijodo tersebut, sebagai tukang parkir dan katanya memperoleh pendapatan parkir yang lumayan. Tidak seperti sekarang yang kerjanya cukup jauh.

Pemberian ketrampilan yang diberikah oleh pemerintah tersebut bersifat gratis. Tetapi walau gratis, warga masyarakat yang sebelumnya kerasan di wilayah Kalijodo, enggan melakukan pelatihan, karena katanya mereka sudah ‘dienakan’ kerja di Kalijodo.

Tidak dapat dipungkiri penghasilanya ketika di Kalijodo lebih besar daripada gaji karyawan maupun pegawai pada umumnya.