Waspada! Inilah Gejala-Gejala Kanker yang Muncul di Kulit | Tren.co.id

Waspada! Inilah Gejala-Gejala Kanker yang Muncul di Kulit | Tren.co.id

Tren.co.id – Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang dengan ganasnya dapat menyerang bagian-bagian tertentu dalam tubuh manusia, mulai dari otak, darah, mulut, usus, pita suara dan bagian tubuh lainnya. Parahnya, banyak penderita kanker yang baru menyadari jika mereka mengidap kanker saat sel kanker tersebut telah menyebar dalam tubuh mereka. Padahal, mengetahui adanya sel kanker dalam tubuh sejak dini dapat mempermudah dan mempercepat proses penghentian sel kanker itu sendiri. Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui adanya sel kanker dalam tubuh adalah dengan memperhatikan berbagai gejala abnormal yang muncul pada permukaan kulit kita, misalnya saja:

Tahu kah Anda? Wajah yang membengkak tanpa alasan merupakan salah satu tanda kanker paru-paru. Hal tersebut terjadi karena air telah memenuhi paru-paru sehingga tidak dapat dikeluarkan melalui organ-organ sekresi tubuh.

2. Terjadi Perubahan pada Kuku

Bukan hanya itu, gejala kanker juga dapat terlihat dari perubahan yang tidak normal pada kuku. Contohnya saja kanker kulit. Penderita kanker kulit akan mendapati bercak kecoklatan atau kehitaman tiba-tiba saja muncul di bagian kukunya. Selain itu, ukuran kuku yang kian membesar tanpa alasan atau sebab juga dapat menjadi pertanda adanya kanker paru-paru.

3. Terjadi Pendarahan dan Timbulnya Lebam-Lebam

Jika Anda mengalami luka kecil kemudian terjadi pendarahan yang sulit berhenti, maka hal tersebut bisa saja menjadi sebuah gejala jika ada yang tidak beres dengan produksi sel darah putih atau sel darah merah dalam tubuh Anda.

Gejala-gejala di atas memang nampak sangat sepele, namun apabila Anda menemui gejala-gejala tersebut di kulit, maka ada baiknya jika Anda mengonsultasikannya ke dokter sebagai salah satu bentuk pencegahan terhadap terjadinya sesuatu yang mungkin lebih membahayakan.