Yuk Cek Gula Darah Anda, Siapa Tahu Positif Diabetes

Yuk Cek Gula Darah Anda, Siapa Tahu Positif Diabetes

Tren.Co.Id – Diabetes atau penyakit tinggi kadar gula darah adalah salah satu penyakit yang banyak diderita banyak orang. Akan tetapi tidak semua orang tahu dan menyadari bahwa dirinya telah terserang diabetes, oleh sebab itu sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara rutin. Apalagi untuk mereka yang memang memiliki keturnan diabetes sebaiknya harus mengetahui dan mengantisipasi hal tersebut.

baca juga : Hati-Hati Penyakit Paru Saat Nafas Bau Di Pagi Hari

Data terbaru yang pernah dikeluarkan oleh Federasi Diabetes Internasional (IDF) pada tahun 2014 memberikan fakta bahwa 9,1 juta masyarakat Indonesia menderita diabetes. Sekitar dari 70 persen dari keseluruhan penderita diabetes tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami diabetes dan akhirnya timbulnya komplikasi.

Selanjtunya menurut Prof. Achmad Rudijanto, Sp. PD-KEMD mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya diabetes tanpa diketahui oleh penderitanya. Misalnya minimnya pengetahuan masyarakat dan salahnya pengetahuan yang diperoleh mengenai penyakit diabetes. Salah satu contoh kesalahan pengetahuan masyarakat seperti orang yang awalnya gemuk berubah menjadi kurus malah senang dan kebiasaan buang air kecil setiap hari akibat dari banyaknya minum. Padahal bisa saja ini gejala dari penyakit diabetes.

Kemudian juga kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan tubuh sangat minim, apalagi di daerah-daerah terpencil. Memeriksakan penyakit sedini mungkin padahal harus dilakukan sebab penderita diabetes harus mampu menata hidup agar menjadi lebih sehat dan produktif sehingga masalah komplikasi lanjutan tersebut dapat dicegah dengan cepat.

Kesadaran inilah yang sebaiknya diubah oleh masyarakat, seperti adanya faktor resiko diabetes misalnya kegemukan, riwayat diabetes, atau hamil gula darah maka lakukanlah deteksi sedini mungkin. Memeriksa hal ini sebaiknya dilakukan dengan cepat agar resiko penyakit akan berkurang.

baca juga : 8 Tips Sehat Atasi Penyakit Kronis Setelah Lebaran

Apabila kebiasaan dan kesadaran ini tidak segera diubah dengan melakukan penanganan atau pencegahan maka dikhawatirkan penderita diabetes akan melanda lebih cepat. Misalnya di tahun 2030 apabila ini tidak ditangani maka akan menjadi beban masyarakat dan ekonomi sebab diabetes adalah penyakit kronik yang tergolong mahal.